Pengertian BIOS Serta Fungsinya Untuk Komputer

Pengertian BIOS Serta Fungsinya Untuk Komputer
Menu BIOS
wongkost.com -Bicara soal BIOS, BIOS merupakan singkatan dari Basic Input/Output System adalah suatu program yang ditulis dalam bahasa Assembly yang tugasnya adalah mengatur fungsi dari perangkat keras komputer (Hardwere) yang terdapat pada suatu komputer kita.

Berbeda dengan sistem operasi yang ada di Hardisk, Bios biasanya terletak pada ROM atau Chip memory flash yang terbuat dari bahan CMOS.CMOS singkatan dari (Complementary Metal-Oxide Semiconductor)

Dan fungsi batrai CMOS pada computer adalah sebagai menjaga agar data Tanggal dan settingan lainnya pada BIOS tidak kembali lagi ke settingan awal walaupun komputer sedang dimatikan.

Fungsi BIOS pada Komputer
Fungsi bios adalah untuk memberikan intruksi yang biasa disebut POST atau Power On Selft Test yaitu adalah perintah menginisialisasi dan indentifikasi perangkat sistem seperti Ram, VGA, CPU, Hardisk, Mouse dll, yang berupa prangkat keras komputer (Hardwere)

Cara kerja BIOS Pada Komputer

Cara kerjanya dimulai proses inisialisai yang dimana dalam proses ini anda dapat melihat jumlah memory yang terinstal pada PC, jenis hardisk beserta kapasitas - kapasitas lainya. BIOS akan mencari, menginisialisai dan menampilkan sebuah informasi dari Grapich Card. Setelah itu akan mengecek ROM seperti hardisk dan kemudian melakukan pengetesan RAM. Jika semua komponen test sudah dilakukan, Selanjutnya BIOS akan mencari lokasi booting device dan sistem operasi.

Cara Mengakses BIOS pada Komputer

Cara mengakses BIOS pada komputer berbeda - beda cara nya, kenapa berbeda karna pada setiap merek leptop itu berbeda. Dan saya simpulkan kalau Komputer atau PC bukan leptop lo ya, Jika akan masuk ke Setting BIOS umunya menekan Tombol (DELET) pada keyboard komputer kita. Ada juga cara lain yang dapat kalian lakukan jika tidak mengetahui cara masuk kedalam settingan BIOS yaitu bisa menekan (Pause Break) apa fungsinya? Fungsinya adalah agar kalian mengetahui perintah pada computer kita jika mau masuk kedalam BIOS harus menekan apa.

Pada umumnya jika kita menggunakan leptop untuk masuk kesetting BIOS adalah dengan cara menekan tombol F2 pada keyboard, ada juga yang F10, ada lagi yang memerlukan bantuan ALT + F2 dan banyak lagi, karna setiap leptop itu berbeda - beda cara masuknya.

Menu - menu yang Tersedia pada setting BIOS

  • Advanced Chipset Feature
  • Integrated Periperal
  • Power Menegement Stup (Untuk pembagian tegangan pada masing - masing periperal)\
  • PnP/PCI Configurations (menu konfigurasi clock/kecepatan data dari setiap perangkt yang sedang terpasang pada port PCI)
  • PC Health Status (anda bisa mengecek temperatur dan tegangan pada Power Suplay disini)
  • Load Fail-Safe Default (mengembalikan settingan kemenu awal atau default)
  • Load Optimized Default (mengembalikan settingan yang direkomendasikan oleh pabrik)
  • Set Supervisor Password (memberikan password agar penguna tidak sembarangan untuk masuk ke menu setting  BIOS)
  • Set User Password
  • Save & Exit Stup (simpan settingan BIOS)
Nah itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian BIOS Serta Fungsinya Untuk Komputer. Semoga bermanfaat terimakasih.

Berlangganan Dapatkan update artikel terbaru Setiap Hari

0 Response to "Pengertian BIOS Serta Fungsinya Untuk Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2